aged domain

Pengertian Dari Aged Domain ? Jika Anda sudah sampai pada pertanyaan ini, berarti setidaknya, Anda sudah cukup dalam memahami seluk-beluk strategi SEO.

Hanya orang-orang yang berkecimpung dalam dunia SEO lah, yang biasanya mencari Aged Domain. Karena memahami fungsi dan manfaat dari Aged domain itu sendiri.

Secara harafiah, Aged Domain artinya adalah; domain yang sudah berumur. Dimana setidaknya, telah digunakan/didaftarkan beberapa tahun.

aged domain berkualitas

Fungsi Dari Aged Domain

Aged Domain atau Domain expired adalah domain yang masa aktifnya tidak diperpanjang lagi oleh si pemilik domain yang sebelumnya, sehingga bisa kita registrasi ulang dengan nama kita.

Terlepas dari kualitasnya, aged domain ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dalam SEO. Setidaknya, beberapa hal berikut ini bisa kamu lakukan ketika memiliki aged domain.

  • Aged Domain Sebagai PBN

Pada banyak kasus, aged domain/expired domain ini sering digunakan untuk PBN (Private Blog Network) oleh para praktisi SEO. Bahkan kalau parameternya bagus, aged domain ini mampu mendongkrak rangking situs-situs moneysite di mesin pencari.

Dengan konsep link building yang rapi, para praktisi SEO bisa dengan mudah melibas kompetitor meski tingkat persaingannya sangat tinggi.

  • Aged Domain Sebagai Moneysite

Selain digunakan untuk PBN, aged domain juga bisa digunakan sebagai moneysite. Dengan authority dan backlink yang sudah dimiliki, aged domain ini bisa dijadikan moneysite yang potensial.

Banyak juga pemain AdSense yang menggunakan aged domain untuk bermain blog Wallpaper dan semi Wallpaper bule (luar negeri).

  • Aged Domain Sebagai 301 Redirects

Terakhir, aged domain ini bisa kita gunakan untuk memberi link juice ke domain fresh dengan teknik 301 redirect. Meski cukup berisiko, namun cara ini cukup ampuh untuk memaksimalkan SEO offpage sebuah situs.

Bagi yang masih pemula, sangat tidak direkomendasikan menggunakan cara ini. Kalau teknik yang digunakan salah, maka situs yang Anda optimasi malah rentan terkena banned dan de-index.

Apa saja keuntungan dan kekurangan aged domain?

Keuntungan Aged Domain atau Aged Website yang sudah berumur

  • Anda bisa membedakan antara domain de-index dengan yang masih terindex.
  • Anda bisa mendapatkan domain authority dan cukup berumur karena belum di setting ke-0.
  • Konten lebih mudah terindex karena domain sudah terkenal sebelumnya, minimal dimata Search Engine (SE).
  • Adanya sebuah kepercayaan(trust) antara domain dan Search Engine, sehingga menyebabkan lebih mudah dikenal oleh Search Engine .
  • Mempunyai link age(backlink berkualitas) yang dimana Jika anda melakukan tukar link kepada teman dan ternyata dapat bertahan lebih dari 1 tahun! Search Engine akan lebih percaya pada domain anda karena usia link tersebut. Dengan begitu domain anda akan lebih mendapatkan Trust dan Otoritas dari Search Engine!

Keurangan Aged Domain atau Aged Website

  • Karena cukup berkualitas, harga yang ditawarkan biasanya cukup mahal. Ini juga bisa dikarenakan Anda harus membayar biaya domain dan masa aktifnya.
  • Berhubung stok yang ada di lelang cukup terbatas, maka Anda kurang fleksibel dalam memilih nama domain.
  • Banyak link yang sudah kadaluarsa

Lalu dimana Saja Kita Bisa Mencari Aged Domain/Expired Domain?

Sebenarnya website yang menyediakan daftar list domain expired itu cukup banyak. Anda bisa mencarinya di bebearapa website berikut ini:

Rekomendasi yang pertama adalah Domcop.com. Website ini menyediakan list database domain expired yang cukup lengkap.

Kalau memang Anda sering mencari aged domain untuk keperluan PBN dan teknik SEO offpage lainnya, maka tidak ada salahnya jika Anda subscribe di Domcop.com.

Website yang satu ini juga tidak kalah tenar dengan Domcop, sekiranya banyak juga yang menggunakan website ini untuk menyediakan daftar domain expired secara gratis.

Selain beberapa website tadi, masih ada beberapa website yang juga menyediakan list domain expired dari berbagai registrar.

Website tersebut seperti FreshDrop.com, Moonsy.com, RegisterCompass.org, HammerHeadDomains.com dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari aged domain, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Scrapebox dan Domain Hunter Gatherer.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa website yangg kita butuhkan adalah sebuah website yang mempunyai umur terlebih dahulu (baik itu dilihat dari nama website/domain, maupun konten website), sehingga relevan dan sudah mempunyai jaringan trust antara website dengan search engine.

Kunjungi : Jual Aged Domain Berkualitas

Namun bukan sekedar karena sudah mempunyai aged domain sebuah website dikatakan handal, namun yang perlu diingat adalah kita harus melihat apakah domain tersebut sebelumnya didevelop secara baik dan benar atau tidak ( baik itu dari konten dan backlink itu sendiri).