sem

Search Engine Marketing Atau SEM adalah Kegiatan pemasaran menggunakan iklan berbayar yang muncul di mesin pencari atau di mesin seperti Google. Pemasaran mesin seperti itu, atau umumnya disebut SEM, adalah salah satu dari banyak metode dalam pemasaran internet. Jika SEM digunakan dengan baik dan benar, ini dapat membantu perusahaan tumbuh pesat di era digital yang semakin kompetitif. Banyak perusahaan berlomba untuk mendapatkan perhatian pemirsa yang berada di ceruk yang sama dan persaingan di dunia online menjadi sangat ketat. Dalam artikel ini, Meson Digital akan menjelaskan apa pemasaran mesin pencari itu dan bagaimana SEM dapat membantu bisnis Anda tumbuh.

Inilah Contoh Dari Search Engine Marketing Atau SEM

secara singkatnya Search Engine Marketing/ SEM dapat diartikan sebagai “membeli” traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.

Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword/kata kunci yang mereka inginkan, dengan harapan bahwa setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website/iklan mereka.

 

Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya format berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual.

Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Karena penggunaan Google Adwords sangatlah populer, kami hanya akan membahas tentang Google Adwords.

  • Sekilas Tentang Google Adwords

Google Adwords menjadi salah satu pilihan cara yang sangat populer diantara metode SEM lainnya.

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Google Adwords? Sebetulnya Anda pasti sudah sering melihat iklan Google Adwords, namun mungkin Anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.

Agar lebih memudahkan, kami mengambil contoh gambar iklan Google Adwords diatas dengan kata kunci “jual mobil bekas”. Ketika seseorang mencari keyword dengan “jual mobil bekas”, website/iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas.

Disinilah muncul terms Pay Per Click (PPC) yang berarti seorang marketer akan membayar ke Google setiap kali iklannya diklik.

sem

  • Google Adwords dan SEO

Jika diperhatikan, di samping kiri URL website mereka akan muncul kata “AD” atau “IKLAN” tergantung dari setting bahasa yang digunakan.

Untuk website yang tidak menggunakan Google Adwords, akan otomatis muncul di urutan ke-5 pada gambar di atas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan Google Adwords, melainkan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).

Search Engine Optimization sendiri adalah metode untuk mendapatkan traffic secara gratis dan organic. Meson Digital juga akan membahas tentang SEO ini pada artikel lainnya.

 

  • Menentukan Posisi Iklan / Ad Rank pada Google Adwords

Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, bagaimana sistem bidding pada Google Adwords? Bagaimana cara agar iklan Anda mendapatkan posisi teratas, bukan ke-2, dan seterusnya?

Jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor! Rumus dari Ad Rank/posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah Anda tentukan untuk setiap klik ke iklan Anda.

Quality score sendiri akan ditentukan oleh Google, jadi tidak melulu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.

 

Manfaat Search Engine Marketing Bagi Bisnis

Menggunakan Search Engine Marketing sebagai sarana marketing di dunia online dengan cara yang benar dan tepat dapat sangat membantu suatu bisnis untuk berkembang.

 

  • Targeted Marketing

Keuntungan terbesar dalam menggunakan SEM adalah memberikan peluang kepada seorang marketer untuk langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan kepada audiens yang mereka tetapkan sendiri.

Pada contoh diatas, seorang marketer yang ingin menjual mobil bekas hanya menampilkan iklan mereka kepada audiens yang mencari dengan kata kunci “jual mobil bekas”.

Selebihnya, Anda juga dapat menentukan demografi audiens yang Anda inginkan, seperti lokasi dan umur mereka.

 

  • Cepat Mendapatkan / Melihat Hasil

Proses membuat dan memasang iklan pada Google Adwords pun tergolong sangat cepat, dan hasilnya bisa Anda lihat setelah iklan Anda tayang. SEM unggul dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan metode SEO yang memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membuahkan hasil.

Metode ini sangatlah cocok bagi Anda yang baru memiliki website dan menginginkan hasil dalam waktu singkat.

 

  • Dapat Menyesuaikan Dengan Budget Yang Dimiliki

Keunggulan Search Engine Marketing lainnya adalah karena Anda dapat memasang budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Saat budget yang Anda punya sudah habis, maka iklan akan berhenti secara otomatis.

Nah, itulah pembahasan seputar apa itu Search Engine Marketing dan kegunaannya bagi bisnis. Jika dilakukan dengan cara yang benar dan tepat, tentunya akan membuahkan hasil yang baik.